VIRTUAL BOX ( WINDOWS 10 )

TUGAS : 1.Cari sistem operasi WINDOWS 10
                  2.Kenalan. Cari artikel atau review
                  3.Instal di virtual box
                  4.Laporkan di website masing-masing( Blogger )


Kali ini kita akan menginstal SISTEM OPERASI ( WINDOWS 10 ) menggunakan VIRTUAL BOX.

Sebelum itu kita akan berkenalan dulu dengan yang namanya virtual box dan windows 10.

APA YANG DINAMAKAN WINDOWS 10 ?


Windows 10 merupakan  sistem operasi yang di kembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. D iperkenalkan pada tanggal 30 september 2014 di rilis pada 29 juli 2015 dan pada November 2015, Threshold 2 dari Windows 10 (v10.0.10586) di rilis kepada publik.

Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali di perkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang di rancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Fungsi Windows

  • Menghubungkan aplikasi serta hardware sehingga bisa terintegrasi bekerja dengan stabil dan konsisten.
  • Mengendalikan serta mengelola sumber daya yang di jalankan termasuk perangkat lunak dan keras di komputer.
  • Mengelola proses persiapan, penjadwalan dan pemantauan program yang di jalankan.
  • mengelola data input dan output serta mengendalikan.
  • Menyediakan wadah agar software bisa berfungsi dengan baik.
  • Mengkoordinasikan komponen di hardware.
  • Memantau fungsionalitas dari sistem.
  • Memiliki perkembangan yang baik jika di bandingkan software lain karena banyak perusahaan software yang konsisten untuk memberikan kemajuan di sistem operasi windows.
  • Bisa mengendalikan dan mengelola sumber daya yang sedang di jalankan. software dan hardware untuk laptop atau komputer.

Kelebihan Windows 10

1. Kemampuan Multitasking yang Optimal

Multitasking merupakan suatu proses yang memudahkan penggunanya saat bekerja. Sistem operasi terbaru dari Windows ini sudah di lengkapi dengan kemampuan multitasking yang optimal.

2. Fitur Desktop Semakin Canggih

Memiliki fitur bernama Virtual Desktop. Fitur ini dapat membantu para pengguna untuk membuat beberapa desktop. Fungsinya yaitu untuk memudahkan Anda saat melakukan pencarian file.

3. Cocok Untuk Para Gamer

Sistem operasi terbaru ini juga sangat cocok untuk  bermain game. Sistem operasi dari Windows ini di rancang khusus agar para penggunanya leluasa untuk bermain game. Pilihan yang tepat untuk komputer gaming.

5. Di perkaya dengan Aplikasi Command

Command atau perintah, merupakan fitur yang memiliki fungsi luas. Fitur ini sangat bermanfaat sekali bagi para pengguna. Fungsi utamanya yaitu untuk melakukan interaksi dengan komputer.

6. Bisa Digunakan di Berbagai Perangkat

Saat ini sistem operasi terbaru dari Windows tersebut bisa digunakan di berbagai perangkat. Tidak hanya kompatibel untuk komputer saja. Windows 10 juga sudah bisa digunakan di smartphone maupun tablet.

Fitur touch screen yang dimilikinya memungkinkan kita untuk menggunakannya di beberapa perangkat. Bahkan fungsi dan kenyamanannya tidak kalah dengan sistem operasi Android.

Kekurangan Windows 10

1. Sulit Dioperasikan Oleh Pemula

Pemula harus membiasakan diri terlebih dahulu untuk menggunakannya.

2. Sering Melakukan Pembaruan

Sistem operasi ini masih belum sempurna. Masih ada banyak sekali update yang harus Anda proses untuk menyempurnakannya.

3. Penggunaan Kuota Internet Makin Boros

Proses pembaruan software memakan penggunaan kuota internet yang besar. Bukan masalah besar bagi user yang memiliki layanan internet rumahan. Tidak bagi pengguna internet kartu seluler.

4. Sering Mengubah Tampilan

Pengguna akan mengalami kesulitan saat menggunakannya. Karena, sering mengubah tampilan UI dan UX pada sistem operasi ini. Sehingga terkadang pengguna merasa tidak nyaman saat menggunakannya.


APA YANG DINAMAKAN VIRTUAL BOX ?


Pengertian VirtualBox adalah software virtualisasi. yang memiliki kemampuan untuk membuat lingkungan hidup virtual untuk OS. gampangnya Virtualbox bertugas sebagai alat untuk memisahkan dan membuat ruang baru untuk OS yang akan di install di atas Virtualbox. Kalian bisa menginstall OS yang kalian butuhkan tanpa harus melakukan partisi harddisk dan booting setiap kali ingin berpindah OS, Cukup Buka Virtualbox dan Run OS yang pernah di Install. Tanpa harus ribet.

Virtualbox termasuk dalam software dengan fungsi atau kegunaan virtual machine, seperti Vmware.

Virtualbox buat apa ?


Jadi Virtualbox karena kemudahan nya.Virtualbox sering dipakai untuk membuat lab, atau simulasi entah itu testing Software Virus, Network Topologi, Server System dan sebagainya …

Sebelum memulai langkah-langkahnya, kita harus
menyiapkan yang namanya :
  1. Flashdisk, untuk menyalin file-file atau iso yang akan kita gunakan, jika tidak menggunakan Flashdisk juga tidak apa-apa.
  2. Tentunya jaringan, untuk menginstal iso, dan digunakan dalam virtual box, seperti bios, dll.
  3. Tentunya FILE ISO.

Ada yang harus kita perhatikan dulu sebelum memulai
instalasi : 
  1. Memverifikasi bahwa semua hardware bisa bekerja dengan OS yang akan diinstal. Hal ini mudah dilakukan dengan bantuan VirtualBox. Karena sebelum instalasi virtual box akan memberikan informasi tentang spesifikasi minimal hardware untuk OS tertentu.
  2. Memastikan bahwa sumber daya perangkat keras memenuhi atau melampaui persyaratan minimum yang diperlukan.
  3. Memastikan bahwa media instalasi yang sesuai tersedia. Media instalasi yang kami gunakan adalah flashdisk. Installernya berupa file .ISO.
  4. Jika OS adalah untuk diinstal pada sistem yang sudah berisi data:
    – )  Gunakan diagnostic tools untuk memastikan instalasi OS saat ini dalam kondisi baik, bebas dari file yang berbahaya/merusak.
    – )  Backup semua file penting (hal ini tidak perlu dilakukan pada metode virtualization).
  5. Jika melakukan clean-install, pastikan bahwa semua aplikasi (yang berjalan di atas OS) tersedia untuk instalasi ulang. (hal ini tidak perlu dilakukan pada metode virtualization).
  6. Pastikan virtualization enable. Jika di menu bios tidak ada virtaulization maka biarkan saja tidak apa-apa.
Langkah-langkah sebelum menginstal windows 10 di virtual box :
1.  Shut down, restart laptop/pc kalian, lalu masuk ke menu bios dengan cara spam F2, F10, dan delete, alt, dan lain-lain sesuai laptop masing-masing. Bisa ikuti langkah-langkah berikut :


Tampilan di atas adalah bios milik asus, jika sudah seperti ini maka kalian pergi ke mode advance mode bisa juga klik F7.




Setelah masuk advance mode, virtualization kalian enable saja, jika tidak mendapati adanya virtualization, langsung keluar dari BIOS dengan cara klik esc, dan pilih without saving lalu pilih yes.

2.  Setelah itu, kalian buka VIRTUAL BOX dan pilih new.


3.  Setelah itu, kalian kasih nama bebas, lalu foldernya mau ditaruh dimana juga bebas, type-nya tentu saja pilih MICROSOFT WINDOWS, lalu versinya pilih WINDOWS 10 ( 64-BIT ), setelah itu klik next.


4.  Setelah itu, kalian atur Base Memory, dan Processor secara bebas, tergantung kegunaan kalian, jika sudah selesai klik  next.


5.  Setelah itu, kalian atur virtual hard disk semau kalian(tergantung kebutuhan), tapi saya sarankan 20gb, lalu klik next.


6.  Setelah itu, klik setting.


7.  Lalu pilih storage, pilih empty, lalu klik logo kaset di pojok kanan atas




8.  Pilih ISO yang ingin kalian masukkan(sesuai sistem operasi-nya), lalu klik next.


9.  Setelah tampilan-nya seperti di bawah ini, selamat karena kalian telah masuk ke dalam microsoft windows. Sebelum  itu saya sarankan untuk memperbesar ukuran(maximaze), lalu pilih language atau bahasa, waktu, dan keyboard kalian secara bebas, tapi saya sarankan untuk memilih united kingdom, lalu klik next.


10.  Setelah itu klik instal now.


11.  Setelah itu pilih i don't have a product key.


12.  Setelah itu pilih sistem operasi secara bebas, tapi saya sarankan menggunaka windows 10 pro karena fitur-nya lebih banyak dan juga pasti lebih optimal, lalu klik next.


13.  Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, centang/ceklis I accept the license terms, lalu klik next.


14.  Setelah itu custom: instal Windows only (advanced).


15.  Jika muncul tampilan seperti di bawah ini langsung klik saja next.


16.  Jika sudah akan, mendapati tampilan seperti di bawah ini, kalian tunggu saja ( tergantung amal ibadah hehe:> ).


17.  Setelah menunggu sampai ketiduran, kalian pilih Region kalian masing-masing secara bebas.


18.  Setelah itu pilih keyboard secara bebas (saya sarankan memilih united kingdom, karena bahasa termasuk bahasa internasional), lalu klik next.


19.  Setelah itu kalian klik skip saja(biar tidak membuang-buang waktu karena tidak baik, mending dibuat untuk beribadah saja stay halal brother).



20.  Setelah itu kalian pilih set up for personal use, lalu klik next.


21.  Setelah itu kalian pilih offline account tidak perlu login juga tidak apa-apa.


22.  Setelah itu klik limited apprience.


23.  Kalian masukkan username kalian secara bebas(mau dikasih nama apapun itu tidak masalah, yang menjadi masalah adalah lalai dalam beribadah), lalu pilih next, setelah itu kalian ketik/buat password, jika tidak ingin dikasih password, langsung klik next.


24.  Setelah itu enable semuanya, lalu klik accept.


25.  Setelah itu langsung klik skip saja tidak apa-apa biar cepat selesai.


26.  Jika muncul tampilan dekstop seperti di bawah ini maka, SELAMAT KALIAN TELAH BERHASIL MENGINSTAL SISTEM OPERASI WINDOWS 10 MESKIPUN HANYA DI DALAM VIRTUAL BOX . HOREEEEEEEEE....!!!!




MUDAH BUKAN?  
BUKANNNNNN......!!!!!!!




































Komentar

Postingan populer dari blog ini

HARD DRIVE PARTITION ( PARTISI HARD DISK )

COMMAND( PERINTAH ) DASAR LINUX